Nasib Anak Sopir Angkot Penderita Kanker Rahang

ProRakyatOnLine,- Sungguh sangat memilukan melihat kondisi Muhammad Boni Alfiano yang terbaring lemah tak berdaya sambil sesekali menahan sakit akibat penyakit kanker tulang raham stadium tiga yang diidapnya.

Bocah berusia tujuh tahun itu hanya bisa menatap pilu kala melihat anak-anak seusianya berlarian penuh canda di halaman rumah kontrakannya di Jalan H. Som, RT 03/01 Kelurahan Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Menurut ibunya, Anita (37), awalnya anaknya mengalami panas tinggi dan sakit gigi yang tak kunjung reda. Dia dan suami telah beberapa kali membawa anaknya itu klinik kampung. Namun, hasilnya nihil. Sakit yang dirasa bocah yang akrab disapa Alfi itu tak pernah berhenti.

“Akhirnya kami berinisiatif membawanya ke RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo) Jakarta,” ungkap Anita, Kamis, 28 Mei 2020.

Hingga kini, kondisi Alfi semakin melemah. Pipi bagian kirinya membengkak dan mengeluarkan darah dari mulutnya. Anak malang itu pun tak mampu menerima makanan dari mulutnya. Ia hanya mengandalkan susu yang disalurkan langsung ke lambungnya melalui selang.

Anita mengaku tak tega melihat penderitaan yang dialami putra ketiganya itu. Terlebih, Alfi kerap menangis saat merasakan sakit akibat penyakit yang dideritanya.

Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, Alfi tak bisa dirawat sepenuhnya di RSCM. Dia terpaksa harus dibawa pulang dan terpaksa harus berobat jalan karena pihak rumah sakit khawatir Alfi dan keluarga tertular virus mematikan itu.

“Karena musim Corona, anak saya dibawa pulang dan berobat jalan,” tutur Anita.

Meski semua biaya rumah sakit ditanggung pemerintah lantaran Alfi memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), tetap saja keluarga Alfi setiap harinya harus mengeluarkan uang untuk biaya sehari-hari dan untuk membeli susu Alfi yang harganya cukup mahal. Ayah Alfi, Boy Nalriska (39) hanyalah seorang supir angkutan, sementara ibunya hanya seorang buruh lepas. Penghasilan mereka tentu tak cukup untuk mencukupi kebutuhan harian Alfi dan kedua anaknya yang lain.

“Sudah tiga bulan anak saya sakit. Walaupun punya Kartu Indonesia Sehat dan ditanggung pemerintah, kami harus membeli susu (untuk Alfi) cukup mahal. Untuk itu, kami sangat berharap uluran tangan,” kata Anita.

Bagi para dermawan yang ingin mengulurkan tangannya untuk Alfi, bisa langsung menghubungi langsung pihak keluarga di nomor 0838 0541 8038, atau bisa langsung mentransfer ke nomor rekening BRI 800 119 271 9507.

-Denny S-