GANNAS Tangsel Berbagi Senyum di Tengah Pandemi

ProRakyatOnline,- Pagi itu, Sabtu, 9 Mei 2020, suasana kantor sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pondok Aren tampak ramai. Perwakilan dari tiap DPD, DPC maupun PAC terlihat memadati halaman kesekretariatan yang terletak di Jalan Ceger Raya, Pondok Aren Tangerang Selatan.

Pagi itu, meski cuaca sangat mendung, tapi wajah para anggota GANNAS terpancar cerah ceria. Sebab, hari itu merupakan puncak dari kegiatan yang selama sebulan lebih telah mereka persiapkan.

Ya, pagi itu merupakan puncak selebrasi dari kegiatan yang diusung GANNAS Tangsel di tengah pandemi Covid-19 berupa pemberian paket beras untuk masyarakat kurang mampu di Tangerang Raya.

Ada 2.200 paket (target awal 10 ribu), yang telah disiapkan panitia yang pada malam sebelumnya telah didistribusikan ke masing-masing DPD dan DPC yakni DPD Tangerang Selatan, DPD Kota Tangerang, dan DPD Kabupaten Tangerang, serta DPC Pondok Aren, DPC Serpong, DPC Serpong Utara, DPC Ciputat, DPC Ciputat Timur, DPC Pamulang, DPC Ciledug Raya, dan DPC Setu.

Meski tak mencapai target, paling tidak mereka, Tim GANNAS, telah membayangkan ada 2.200 senyum penuh kebahagiaan menanti mereka.

Dalam selebrasi tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Komisi I DPRD Provinsi Banten yang dijadwalkan akan tiba di lokasi acara sekitar pukul 09.00 WIB.

Anggota Dewan Fraksi Partai Nasdem Ria Mahdia Fitri datang sebelum acara berlangsung, disusul Anggota Dewan dari Fraksi PKS Andi Cut Mutia dan Budi Prasojo. Ketiganya disambut hangat oleh para anggota GANNAS.

Tepat pukul 09.00, acara dimulai. Wakil Ketua DPD GANNAS Tangsel Ardiansyah menyampaikan sambutannya. Ada kata-kata penuh makna yang disampaikan olehnya di penghujung kalimat.

“Kepada seluruh yang hadir di sini, saya ucapkan selamat merasakan kebahagiaan sesungguhnya,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Bang Ardi itu lantas melanjutkan kalimatnya lagi. Dia menjelaskan, “Karena kebahagiaan sesungguhnya adalah ketika kita bisa membantu orang dan melihat senyum penuh kesyukuran dari mereka.”

Semua yang hadir nampak menyesapi kata-kata itu. Betapa mudah cara manusia untuk bahagia, bukan dengan gelimang harta atau tingginya tahta. Melainkan melihat senyum saudara sebangsa yang merasa terbantu oleh uluran tangannya.

Benar saja, usai selebrasi, semua anggota bergerak ke masing-masing wilayah guna mendistribusikan panganan pokok itu ke warga. Satu per satu rumah warga kurang beruntung mereka datangi. Seketika, senyum yang mereka harapkan terpancar dari wajah warga penerima bantuan. Salah satunya adalah Erfa Erlina (55 tahun) warga Kelurahan Tajur, Ciledug, Kota Tangerang. Bibirnya tak henti berucap syukur saat salah satu tim GANNAS menyambangi kediamannya.

“Alhamdulillah, terima kasih GANNAS,” ujarnya.

Janda anak dua itu menceritakan dirinya tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Padahal, dia sudah lama tinggal di kampung tersebut. Adanya bantuan dari GANNAS, membuatnya merasa terbantu terlebih di saat wabah Covid yang telah mengoyak perekonomian keluarganya.

“Dua anak saya yang bekerja, terkena dampak Covid ini. Anak pertama saya hanya dibayar Rp 1 juta per 10 hari kerja, sedangkan yang satunya masih abu-abu, entah dapat entah tidak,” ceritanya.

Walau begitu, Erfa mengaku pasrah. Dia meyakini Tuhan tidak akan berhenti memberikan rezeki untuknya. Bantuan dari GANNAS ini merupakan pemberian dari Yang Maha Kuasa yang sangat dia syukuri.

“Mudah-mudahan GANNAS bisa sering mengadakan kegiatan seperti ini,” ujarnya dengan senyum mengembang.

Erfa merupakan satu dari ribuan warga yang mendapat bantuan. Senyumnya telah memberi kebahagiaan hakiki bagi semua anggota GANNAS.

Ketua DPC Pondok Aren Denny S bahkan mem-posting momen-momen indah saat mereka mengunjungi rumah para warga di status media sosialnya.

“Alhamdulillah, bisa melihat mereka tersenyum,” tulisnya.

Ternyata, menjadi bahagia bukanlah hal sulit. Membuat saudara kita tersenyum sudah cukup membuat hati terhibur.

-Saepul-